Lomba Kuliner Nusantara Usai, Kecamatan Toribulu Keluar Sebagai Juara Pertama

BAMBALE PARIMO- Kegiatan lomba Kuliner Nusantara dalam rangka menyambut HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke- 75 telah usai, dan Kecamatan Toribulu keluar sebagai juara Pertama dengan nilai 1025, menyusul juara kedua Kecamatan Bolano dengan nilai 955 dan juara ketiga Kecamatan Kasimbar dengan nilai 945. 

Untuk juara harapan I dengan nilai 940 diraih oleh Kecamatan Tinombo Selatan. Juara harapan II dengan nilai 935 diraih Kecamatan Parigi dan juara harapan III dengan nilai 930 diraih Kecamatan Taopa.
menu masakan Juara pertama Kecamatan Toribulu adalah menu Khas Bali yang menggugah selerah lidah  bagi yang mencicipinya.

Lomba Kuliner Nusantara dilaksanakan di Mosing Beach Desa Siney Kecamatan Tinombo Selatan Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah, Senin (10/8/20).

Tim penilaian lomba Kuliner Nusantara Dra Hj Noor Wachidah Prihartini S Tombolotutu mengatakan, pada prinsipnya semua makanan yang disajikan semuanya lezat sehingga membuat bingung dewan juri dalam menilai.
Kata ia tidak kalah bersaing dengan yang pernah diikuti lomba Kuliner di Jakarta dan Bandung. Selanjtnya kata ia kriteria yang dinilai adalah 40 persen kesesuaian menu makanan dengan resep aslinya. 

Ia mencontohkan seperti menu rawon maka pasti memakai kluwok sehingga teresa kluwoknya dan terasa kentalnya. Begitupun Kata ia menu rujak cingur dan lain sebagainya.

Selanjutnya kata ia, kriteria kedua 20 persen penambahan dan penyajiannya dan kombinasinya, dan 25 persen cita rasa serta 10 persen keamanan panganya.

Pada kesempatan itu juga Bupati Parigi Moutong H Samsurizal Tombolotutu ikut mencicipi makan Khas Indonesia yang disajikan oleh 23 Kecamatan Parigi Moutong.
Bupati didampingi salah satu Dosen  IPB Bogor Moedjio dan Ahli desain Infrastruktur Kota Dubai Donny serta sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga ikut mencicipi makanan yang disajikan oleh tim Penggerak PKK Kecamatan. 

Hadiah diberikan berupa bonus, piagam dan tropi yang akan serahkan pada acara puncak upacara 17 Agustus tahun 2020 bersamaan dengan hadiah lomba Nyanyi Solo, lomba mancing tradisional dan lomba panah ikan tradisional. (Rislan)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama