Lomba Kuliner Nusantara di Mosing Menyajikan Menu Makanan Khas 15 Provinsi Di Indonesia

Ilustrasi
BAMBALE PARIMO- Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 tingkat Kabupaten Parigi Moutong, Pemerintah daerah akan melaksanakan lomba kuliner nusantara tahun 2020.

Lomba kuliner nusantara tersebut sesuai Petunjuk Teknis (Juknis) yang sudah disiapkan oleh panitia lomba.

Kegiatan ini sangat menarik, karena peserta akan melombakan menu di 15 Provinsi yang ada di Indonesia.

Menu tersebut adalah mie aceh ayam dan tangkap rujak aceh dari Provinsi Aceh. Selanjutnya menu lontong medan, mie gomak dan kolak durian dari Provinsi Medan. Rendang gula, kepala ikan bubur kampiun dari Padang. Selanjutnya empek empek, pindang ikan dan kue srikaya dari Palembang. Soto betawi, ketoprak dan dan kerak telor dari Provinsi DKI Jakarta. Coto bandung, siomay bandung, cambro dan misro dari Provinsi Jawa Barat. Selanjutnya mangut ikan asap, tahu gimbal dan lumpia semarang dari Provinsi Jawa Tengah. Gudeg sambel goreng, bak mie jowo dan gethuk dari Provinsi Yogyakarta. Rawon, rujak ciangur dan bubur madura dari Provinsi Jawa Timur. Ayam batutu, ayam taliwang, sate lilit ikan, kue jaje cerorot dari Provinsi Bali dan Lombok. Menu coto makassar, konro, kapurung, es pisang ijo, dari Provinsi Sulawesi Selatan. Kaledo, utadada dan lalampa dari Provinsi Sulawesi Tengah. Ayam tuturuga, woku ikan, bubur manado, mie cakalang dan es brenebon dari Provinsi Sulawesi Utara. Binte, sate tuna gorontalo dan ilabulo dari Provinsi gorontalo serta soto banjar, hekeng ayam udang dan bingka barandam dari Kalimantan.

Pengurus TP- PKK Kabupaten Parigi Moutong Kartikowati mengatakan, sesuai juknis perlombaan untuk kriteria penilaian dewan juri berdasarkan prinsip obyektivitas pertama adalah kesesuaian pilihan menu makanan yang dilombakan dengan resep asli 40 persen. Kedua, penataan dan penyajian makanan sesuai jenis makanan yang dihidangkan 25 persen, dan komponen yang dinilai mencakup kesegaran, warna dan bentuk. Ketiga, cita rasa makanan 25 persen komponen yang dinilai mencakup rasa, bau dan tekstur. Serta keamanan makanan, yang dinilai mencakup kebersihan alat saji dan hidangan 10 persen tidak menggunakan tambahan makanan seperti pemanis, pengawet dan pewarnah.

"Para juri yang dihadirkan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah dan Kabupaten Parigi Moutong,"Jelasnya.

Kata ia, adapun penghargaan dan hadiah lomba kuliner nusantara adalah juara I Rp 1.500.000 tambah piagam dan tropi. Juara II Rp 1.000.000 tambah piagam dan teropi. Juara III Rp 750.000 tambah piagam dan teropi, dan juara Harapan Rp 500.000 tambah piagam.

Untuk peserta lomba kuliner nusantara kata Kartikowati adalah ibu ibu PKK dari 23 Kecamatan se Kabupaten Parigi Moutong.

Kartikowati menambahkan, Panitia lomba bidang Kuliner Nusantara adalah Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Parigi Moutong, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Parigi Moutong dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Parigi Moutong.

"Kegiatan lomba Kuliner Nusantara dilaksanakan pada hari Senin 10 Agustus 2020 jam 09.00 Wita tempat pantai Mosing Desa Siney Kecamatan Tinombo Selatan,"Pungkasnya, Minggu (2/8/20). (Rislan)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama