Pemda Parigi Moutong Laksanakan Upacara 17 Agustus 2020 Berlangsung Hikmat

BAMBALE PARIMO- Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Parigi Moutong melaksanakan upacara pengibaran bendera dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Republik Indonesia ke 75 tahun berlangsung hikmat dengan menerapkan protokol kesehatan, bertempat di halaman Kantor Bupati Parigi Moutong, Senin (17/8/2020).

Wakil Bupati Parigi Moutong H Badrun Nggai  SE bertindak sebagai inspektur upacara dan dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Para Pejabat Eselon, TNI/Polri serta tamu undangan lainnya.

Ketua DPRD Kabupaten Parigi Moutong Sayutin Budianto membacakan teks Proklamasi.

"Atas nama bangsa Indonesia Soekarno Hatta",tutup Sayutin diakhir teks Proklamasi.

SEKELUMIT CATATAN HARI KEMERDEKAAN RI

HUT Kemerdekaan RI yang ke-75, kita kembali bercermin memandang sejarah dan mengapresiasi perjalanan panjang para pejuang yang telah membawa kita kepada keadaan sekarang.
Hari ini lagu kebangsaan menggetarkan pengibaran bendera pusaka di langit biru Ibu pertiwi, sebagai penanda lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Negara Kepulauan dengan jumlah penduduk terbesar ke- 4 di dunia, yang terbentang di sepanjang khatulistiwa dengan keragaman etnis budaya, bahasa, flora dan fauna yang tersebar di 17 ribu pulau, yang dipersatukan oleh kesadaran mewujudkan cita-cita bersama.

Kemerdekaan kali ini "SDM Unggul Indonesia Maju". Presiden Joko Widodo menjadikan pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang berkelanjutan sebagai fokus penggunaan anggaran negara di tahun 2020 ini. Ia menekankan bahwa negara harus hadir dalam upaya pembangunan SDM Indonesia agar memiliki daya saing dalam persaingan global.

Untuk menunjang pembangunan maupun peningkatan SDM tersebut, Kepala Negara berpandangan bahwa diperlukan pula sistem pendidikan dan pelatihan nasional yang adaptif dengan perkembangan zaman, maka Reformasi menyeluruh dalam hal tersebut sudah saatnya dilakukan.

Memperingati HUT Kemerdekaan RI ke- 75 dengan harapan dapat lebih meningkatkan jiwa patriotisme dan nasionalisme kepada tanah air. Semangat Nasionalisme  sangat penting karena jiwa nasionalisme dapat membentuk kesadaran dan kesetiaan terhadap bangsa dan negara tanpa memandang suku, ras dan agama. 

Dengan adanya nasionalisme juga dapat menjalin kerukunan antar sesama, sehingga pembangunan negara dapat berjalan dengan lancar dan sesuai harapan bersama.

Usai upacara dilaksanakan tabur bunga dipimpin oleh Wakil Bupati Parigi Moutong H Badrun Nggai bersama rombongan. Selanjutnya Bupati Parigi Moutong H Samsurizal Tombolotutu, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah dan unsur Forkopimda mengikuti virtual upacara langsung dari Istana Negara. Kegiatan Virtual dilaksanakan terbatas di Kantor Bupati dengan menerapkan Protokol kesehatan untuk pencegahan pandemi Covid- 19. Usai virtual dilanjutkan kunjungan ke lapas rutan Olaya.

"Dirgahayu Republik Indonesia"
Merdeka..!! Merdeka..!!

DISKOMINFO

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama